Tips Menarik Seputar Dapur Part 1

          Memasak mungkin sudah menjadi kegiatan wajib untuk seorang wanita, terutama yang sudah berkeluarga. Namun terkadang banyak diantaranya yang malas untuk belajar, karena merasa memasak itu ribet, tidak praktis. Tapi tahukan anda, bahwa masakan rumah dinilai sebagai asupan yang sangat baik untuk seluruh anggota keluarga, dilihat dari segi kebersihan, mutu gizi dan kesehatannya. Untuk anda yang hobby memasak dan/atau mau belajar memasak, cobalah trik dan tips di bawah ini. Karena info seputar memasak yang kami bagikan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan seputar kegiatan memasak. Dan memasak akan menjadi kegiatan yang mudah dan menyenangkan.

1. Mengupas kentang dengan mudah


Caranya : Iris tipis melingkar di kulit kentang, kemudian rebus kentang tersebut selama lima menit. Usai direbus, langsung dimasukkan ke dalam semangkuk air dingin dan tunggu lagi selama lima menit. Dijamin deh kulit kentang lebih mudah dikupas dan kentang tidak akan menjadi coklat.

2. Mengupas bawang putih dengan wadah tertutup


Caranya : Masukkan bawang putih ke dalam toples atau wadah, lalu tutup rapat. Kocok-kocok toples tersebut selama beberapa saat hingga bagian kulit bawang putih sedikit terkelupas. Nah, kalau sudah sedikit terkelupas, ambil kulit bawang putih yang berukuran besar agar bisa sedikit mengosongkan ruang dalam toples. Setelah itu, kocok kembali hingga bawang putih benar-benar kulit bawang putih terkelupas seluruhnya.

3. Mengurangi kuah yang keasinan

Potongan Kentang

Caranya : Anda bisa menaruh satu kentang yang sudah dipotong-potong agak besar ke dalam kuah masakan yang sedang dimasak. Dijamin rasa asinnya akan berkurang

4. Cara cepat mengempukkan daging tanpa presto

Mengempukkan Daging Dengan Daun Pepaya Dan Parutan Nanas

Caranya : Bungkus daging dengan daun pepaya yang sudah diremas, lalu diamkan 10 menit. Jangan terlalu lama, karena nanti daging bisa jadi terlalu empuk. Selain daun pepaya, anda juga bisa menggunakan parutan nanas muda. Caranya, lumuri daging dengan nanas parut dan biarkan 10 menit. Mengempukkan daging menggunakan nanas bisa mengubah rasa daging, ooleh karena itu lebih baik bila menggunakan cara ini bila hendak memasak daging yang ditumis atau dimasak dengan kuah.

5. Agar ayam tidak meletup saat digoreng

Tips menggoreng ayam

Caranya : Taburkan sedikit garam halus pada minyak ketika akan menggoreng. Atau bisa juga dengan memanfaatkan jeruk nipis. Caranya teteskan air jeruk nipis pada minyak yang akan digunakan untuk menggoreng ayam. Lalu panaskan minyak dan siap digunakan untuk menggoreng ayam tanpa meletup.

6. Agar santan tidak cepat basi

Garam Dapat Mengawetkan Santan

Caranya : Setelah santan sudah jadi, tambahkan sedikit garam. Kemudian rebus lalu dinginkan. Masukkan ke dalam wadah tertutup, lalu simpan di dalam freezer. Santan ini bisa bertahan sampai 1 bulan.Namun lebih baik jika menggunakan santan yang fresh, karena santan yang disimpan terlalu lama berkurang kualitasnya.

7. Agar mata tidak pedih saat mengiris bawang

 
Bawang Merah

Caranya : Cukup taruh sebaskom air garam di samping talenan saat mengiris bawang. Atau anda juga bisa memakai cara lain, yaitu mengiris bawang sambil mengunyah permen karet. 

8. Memisahkan kuning dan putih telur


Caranya : Pecahkan telur dan kemudian tekan badan botol plastik kosong, dekatkan bagian ujungnya ke bagian kuning telur, lalu angkat dan pisahkan ke wadah lainnya.

9. Agar tahu awet saat disimpan

Tahu Putih

Caranya : Cuci tahu dengan air lalu siram dengan air panas.Kemudian lap tahu dengan tisu dapur yang bersih.Simpan tahu dalam wadah kedap udara sebelum dimasukkan ke kulkas.Cara ini akan membuat tahu yang Anda punya lebih awet dan tetap sehat hingga satu minggu.

10. Cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet

Membungkus Sayur Dengan Koran

Caranya : Simpan sayuran di kulkas gunakan kertas koran yang bersih untuk membungkus sayuran. Cara ini akan membantu memperlambat proses pembusukan sehingga sayuran lebih awet. Namun demikian, ada juga ahli yang mengatakan bahwa yang boleh dibungkus dengan kertas koran hanya buah dan sayuran yang berkulit. Karena dikhawatirkan tinta pada koran akan mengkontaminasi sayuran. Jadi sebisa mungkin diminimalisir penyimpanan sayur dalam waktu lama, karena tetap sayur dan buah segar yang kandungan vitaminnya terbaik.

11. Agar telur rebus mudah dikupas

Telur yang Sudah Matang Direndam Dalam Air Es


Caranya : Pertama, tambahkan baking soda saat merebus telur. Karena baking soda bisa meningkatkan level pH putih telur sehingga putih telur tersebut tidak terlalu menempel pada cangkang dan membran ketika dikupas Kemudian, setelah matang, rendam telur dalam air dingin. Maka telur akan mudah dikupas

12. Cara mendapatkan air perasan jeruk yang lebih banyak


Caranya : Tekan jeruk dengan telapak tangan lalu gulirkan maju mundur berulang-ulang. Bila jeruk sudah lunak, peras airnya. Anda akan mendapat jus jeruk yang lebih banyak dari biasanya.

13. Mengupas jahe dengan mudah


Jahe Dikerok Menggunakan Sendok

Caranya : Mengupasnya jangan menggunakan pisau. Cukup kerok jahe memakai sendok saja, karena kulit jahe cukup lunak.Selain itu, dengan menggunakan sendok kita bisa lebih mudah menjangkau area lipatan-lipatannya. Caranya cukup tahan sendok kuat-kuat dengan bagian cekungannya menghadap ke depan, kemudian tekan sendok ke dalam sambil menarik kulitnya ke arah depan. Gerakannya mirip seperti gerakan mengerok. Dengan cara ini, kulit jahe yang terkupas merupakan kulit tipisnya.
-----------------------------------------------------



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar dan Resep Kue Kering No Mixer No Oven Antigagal Part 1

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Tepat

Tips Menarik Seputar Dapur Part 2

Resep Makanan Khas Indonesia yang Populer dan Mendunia